Buku Harry Potter dari Novel Pertama Sampai Terakhir

buku harry

7 urutan buku Harry Potter bakal menjadi panduan kamu untuk baca series novel ini. Harry Potter paling dikenal melalui filmnya yang memang diadaptasi dari tujuh seri novelnya. Nah, barangkali kamu belum baca novel Harry Potter dan sekarang ingin mengoleksi bukunya sekaligus membacanya

Buku-buku Harry Potter adalah serangkaian novel fantasi yang ditulis oleh penulis Inggris J.K. Rowling. Seri ini terdiri dari tujuh buku utama yang mengikuti perjalanan seorang anak yatim piatu bernama Harry Potter, yang menemukan bahwa dia adalah seorang penyihir dan belajar di Sekolah Sihir Hogwarts. Buku pertama dalam seri ini diterbitkan pada tahun 1997 dan sejak itu, seri ini telah menjadi fenomena global yang mempengaruhi budaya populer, film, dan sastra.

Berikut 7 novel nya :

Harry Potter And The Philosopher’s Stone

buku harry

Buku yang pertama dalam bahasa Indonesia berjudul Harry Potter dan Batu Bertuah. Versi bahasa Inggrisnya terbit pada 26 Juni 1997. Sedangkan, versi bahasa Indonesianya terbit pada September 2000. Buku versi bahasa Inggris memiliki tebal 223 halaman dan versi bahasa Indonesia 384 halaman.

Di buku pertama ini, ceritanya tentang seorang anak yatim piatu yang bernama Harry Potter. Dia baru tahu kalau dirinya adalah penyihir di ulang tahunnya yang ke-11, pada saat dirinya menerima undangan buat hadir di Sekolah Sihir Hogwarts. Harry menemukan teman baru dan menggagalkan usaha kebangkitan Voldemort, penyihir hitam yang membunuh kedua orang tua Harry.

Harry Potter and Chamber of Secrets
buku harry

Buku kedua dalam bahasa Indonesia berjudul Harry Potter dan Kamar Rahasia. Versi bahasa Inggrisnya terbit pada 2 Juli 1998. Sedangkan, versi bahasa Indonesianya terbit pada November 2000. Buku versi bahasa Inggris memiliki tebal 251 halaman dan versi bahasa Indonesia 424 halaman.

Buku kedua menceritakan tentang tahun kedua Harry di Hogwarts. Di dinding dalam sekolah muncul pesan peringatan kalau “Kamar Rahasia” sudah dibuka dan “pewaris Slytherin” bakal membunuh seluruh siswa yang bukan merupakan anggota keluarga penyihir berdarah murni. Semua orang ketakutan dan Harry bersama Ron dan Hermione menyelidiki misteri tersebut sepanjang tahun.

Harry Potter And The Prisoner of Azkaban

buku harry

Buku ketiga dalam bahasa Indonesia berjudul Harry Potter dan Tawanan Azkaban. Versi bahasa Inggrisnya terbit pada 8 Juli 1999. Sedangkan, versi bahasa Indonesianya terbit pada Maret 2001. Buku versi bahasa Inggris memiliki tebal 317 halaman dan versi bahasa Indonesia 544 halaman.

Novel ini menceritakan tentang tahun ketiga Harry di Hogwarts. Harry bersama kedua sahabatnya, Ron dan Hermione, menyelidiki Sirius Black, seorang laki-laki tahanan penjara sihir Azkaban. Orang meyakini bahwa Sirius Black, yang melarikan diri dari penjara, adalah salah satu pengikut setia Voldemort, sang penyihir jahat.

Harry Potter and the Goblet of Fire

Buku yang keempat dalam bahasa Indonesia berjudul Harry Potter dan Piala Api. Versi bahasa Inggrisnya terbit pada 8 Juli 2000. Sedangkan, versi bahasa Indonesianya terbit pada Oktober 2001. Buku versi bahasa Inggris memiliki tebal 636 halaman dan versi bahasa Indonesia 882 halaman.

Novel keempat ini juga mengisahkan petualangan Harry di tahun keempatnya di Hogwarts. Di tahun ini, sekolah sihir Hogwarts mengadakan Turnamen Triwizard sebagai tuan rumah. Tidak disangka, Harry yang sebenarnya tidak memenuhi kualifikasi tiba-tiba namanya terdaftar di Turnamen Triwizard. Hal tersebut lantas menjadi misteri besar dan Harry terpaksa ikut bertanding.

Harry Potter and the Order of the Phoenix


Buku yang kelima dalam bahasa Indonesia berjudul Harry Potter dan Orde Phoenix. Versi bahasa Inggrisnya terbit pada 27 Juni 2003. Sedangkan, versi bahasa Indonesianya terbit pada Januari 2004. Buku versi bahasa Inggris memiliki tebal 766 halaman dan versi bahasa Indonesia 1.200 halaman.

Novel yang kelima ini pun mengisahkan Harry di tahun kelimanya di Hogwarts. Dalam novel kelima ini, Lord Voldemort, sang penyihir antagonis kembali. Selain itu, Harry dan teman-teman seangkatannya harus mengikuti ujian O.W.L. Situasi bertambah runyam saat pihak Kementerian Sihir ikut campur tangan dalam aktivitas di Sekolah Sihir Hogwarts.

Harry Potter and the Half-Blood Prince

Buku yang keenam dalam bahasa Indonesia berjudul Harry Potter dan Pangeran Berdarah-Campuran. Versi bahasa Inggrisnya terbit pada 16 Juli 2005. Sedangkan, versi bahasa Indonesianya terbit pada Januari 2006. Buku versi bahasa Inggris memiliki tebal 607 halaman dan versi bahasa Indonesia 816 halaman.

Novel keenam ini menceritakan Harry di tahun keenamnya di Hogwarts. Buku ini menceritakan tentang masa lalu Lord Voldemort, musuh besar Harry. Oleh karena itu, Harry bersama Albus Dumbledore, sang kepala sekolah yang sekaligus menjadi mentornya, melakukan persiapan untuk pertempuran terakhir mereka untuk mengalahkan Voldemort.

Harry Potter and the Deathly Hallows

Buku yang ketujuh dalam bahasa Indonesia berjudul Harry Potter dan Relikui Kematian. Versi bahasa Inggrisnya terbit pada 14 Juli 2007. Sedangkan, versi bahasa Indonesianya terbit pada 13 Januari 2008. Buku versi bahasa Inggris memiliki tebal 607 halaman dan versi bahasa Indonesia 999 halaman.

Novel ketujuh ini menceritakan Harry di tahun ketujuhnya di Hogwarts. Ini juga menjadi tahun terakhirnya di sekolah sihir tersebut. Adapun ceritanya juga secara langsung berkaitan dengan novel keenam, Harry Potter dan Pangeran Berdarah Campuran (2005). Di novel ketujuh ini, ceritanya tentang pertempuran terakhir Harry Potter melawan penyihir jahat Lord Voldemort.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *